CouchSurfing, Apa dan Bagaimana???

12:35:00 AM

"Ke luar negeri tanpa booking hotel? Mana bisa?". Kata siapa perlu hotel buat ngetrip. Kita hanya butuh keberanian dan jiwa petualang. Sebenernya gue udah telat banget sih tau couchsurfing, sementara kenalan gue udah bertahun-tahun pake. Di kalangan traveler couchsurfing emang gak asing lagi, tapi masih aja banyak yang tanya, lu ke London kemarin penginapan habis berapa? kan mahal? Gua jawab, gua ikut CS (Couchsurfing) tapi masih aja banyak yang tanya apa itu Couchsurfing. Nah gue coba buat jelasin dikit ya.

Berawal dari Casey Fenton yang pergi dari Boston  ke Islandia, karena harga tiket yang sudah cukup mahal, maka dia mengemail 1500 siswa di University of Island tanya apakah dia bisa tinggal di tempatnya. Sepulang dari Islandia, terpikirlah untuk membuat situs untuk itu. Kemudian bersama beberapa temannya di tahun 2003 dia meluncurkan Couchsurfing.com yang merupakan website non-profit. Dan kemudian menjadi perusahaan profit ditahun 2004 sampai sekarang.

Orang yang punya available space dirumahnya disebut host. Sementara traveler yang butuh tumpangan disebut surfer. Member CouchSurfing disebut juga Couchsurfer atau CSer. Couch berarti Sofa bukan Coach yang artinya pelatih. Sebenarnya tinggal di rumah Host itu kadang juga merepotkan. Kayak pas gue di Edinburgh, Skotlandia. Si empunya rumah punya banyak aturan yang mesti di taati, seoerti harus matiin inilah setelah pakai, harus bersihin inilah itulah. Dan pas di Saint Petersburg, Rusia, gue sampek bedarah digigit kucing si punya rumah karena doi belum kenal ama gue.

Tapi pengalaman yang nyenengin lebih banyak ketimban yang nyedihin. Selain jadi surfer, jadi host juga gak kalah seru. Gua yang ngekost dikamar sempit pun pernah ngehost beberapa surfer bule. Gue pernah ngehost orang dari Belanda, Spanyol Australia dan beberapa surfer lokal. Jadi Host gak harus ngasih tempat buat tinggal. Lu mesti coba at least once in your lifetime buat ngehost orang maupun jadi surfer. I believe It will be amazing...

You Might Also Like

0 komentar