Hijrah ke negeri Sakura

9:34:00 AM

Sakura di Kyoto
 Tepat sehari setelah perayaan ulang tahun gue ke 25. Gue akhirnya berangkat ke Jepang juga. Setelah melalui rangkaian perjalanan yang belibet. Mulai dari tiket pesawat yang di reschedule, Visa yang baru kelar H minus 3, sampai urusan tas punggung yang harus diganti di menit-menit sebelum keberangkatan. Iya, tas gue mesti diganti, karena mbak-mbak AirAsia bakalan minta uang tambahan bagasi, karena tas gua melebihi batas dimensi maksimal. Just FYI Ukuran bagasi kabin ga boleh melebihi 56cm x 36cm x23cm, udah gitu bertanya juga ga boleh melebihi 7 kilo. Pas gue ukur lagi tas backpack gue, ternyata udah gede banget mirip bayi gorila umur 2 tahun, Akhirnya detik itu juga gue nelpon temen gue yang barusan beli backpack. Ternyata masih ada price tag dan masih bau toko, tapi apa boleh buat. Akhirnya gua culik juga tuh backpack selama 2 minggu.
Sarapan pertama di Jepang
Karena masalah backpack, gue hampir aja miss flight. Kejar-kejaran dengan petugas imigrasi sampai hampir ketinggalan paspor. Pas masuk ke pesawat, semua mata tertuju pada wajah innocent gue. Yaiyalah, pesawat segede bagong gak terbang-terbang nungguin seonggok manusia yang "dia mah apa atuh". Gue terbang dari Balikpapan ke KL tepat jam 12 siang. Penerbangan satu-satunya dari Balikpapan ke KL, dan berharga lebih murah daripada ke Jakarta, cuma 600an ribu. Yah seperti biasa, gua molor disepanjang perjalanan, yah karena kebiasaan gue kalau mau ngetrip malemnya pasti kagak bisa tidur mikirin macem-macem, makanya pas di pesawat gue bisa tidur pules.

Gak kerasa pak pilot ngumumin kalo sebentar lagi mau mendarat. Ngusap-ngusap iler, ngucek-ngucek belek dan gue siap buat turun pesawat. Ga lama, gue udah sampe garba rata dan langsung menuju ke imigrasi, Ga tanya perlu nunggu lama gue udah dapat stempel Malaysia di Paspor gue. Penerbangan gue selanjutnya jam 1 malam. Masih tersisa 8 jam lagi, dan bingung mau ngapain. Muter-muter udah, makan udah, belanja mahal, foto-foto udah bosen. Akhirnya ngemper aja disebelah gate, tinggal gelar selimut, sama backpack yang dijadiin bantal, Beres...

Gak kerasa udah jam 11 malem, gue merapat ke Gate dan segera masuk ruang tunggu. Gak lama penumpang dipanggil masuk pesawat menuju Osaka. Oke, lupakan cerita dipesawat, karena seperti biasa, gue molor, ngiler, mangap dan lain-lain yang tentunya kagak etis kalo dicritain, Katakanlah gue udah nyampe di Kansai International Airport di Osaka. Antrian imigrasinya kagak nahan dah, panjang amat kayak mau ngantri sembako. Setelah sekitar setengah jam ngantri, akhirnya gua dapat stempel jepang juga. Alhamdulillah...

Peta Fushimi Inari
Sekarang gue mesti ngambil Portable WIFI yang udah dipesen seminggu sebelum berangkat, plus gue mesti beli tiket JR Pass, yang bisa dipake buat naik JR ke seluruh wilayah Barat, atau daerah Kansai. Gua ngambil yang 4 hari. Karena gue rencana cuma 4 hari di Kansai, dan akan pindah ke Tokyo di hari kelima. Setelah semua urusan beres, Gua sarapan pakai Bento Jepang yang isinya sushi, Rice tofu dan lain-lain.

Abis sarapan gua langsung ke Kyoto pakai JR. Butuh sekitar sejam naik kereta cepat. Nyampe Kyoto gua bingung mau ngapain, Karena gua gak booking penginapan. Gue berencana nginep di rumah orang yang saya kenal dari situs Couchsurfing. Couchsurfing adalah media sosialnya para traveler yang butuh tumpangan dan para host yang punya ruang kosong di rumahnya. Nama Host gue adalah Katsuhiro Tsuji, seorang freelance yang tinggal di sebuah flat bersama beberapa orangnya. Karena gua sampai di Kyoto siang, Jadi mesti nungguin Katsu pulang kerja, katanya sih sekitar jam delapanan. Daripada nunggu di stasiun kayak orang bego, gue buka map, dan ternyata Fushimi Inari adalah tujuan yang lumayan deket.
Fushimi Inari Taisha

Gue titipin backpack gede di locker, dan siap pergi ke Fushimi Inari. Gak butuh waktu lama buat sampe ke sana. Cuma 10 menitan dan gue sampai di Kuil dengan ribuan gapura berwarna jingga yang juga ikon Kyoto. Bulan April adalah Peak Season di Jepang. Karena Sakura mekar waktu itu. Sakura cuman mekar 2 mingguan setahun. Sekitar bulan Maret sampai April. Masing-masing wilayah punya waktu blooming yang berbeda, semakin ke barat semakin lambat waktunya.

Balik lagi ke Fushimi Inari. Kuil Shinto ini dibangun di sebuah lereng gunung Inari. Inari sendiri adalah sebutan untuk dewa pertanian. Di sepanjang lereng terdapat sekitar 10.000 Torii atau gapura berwarna oranye cerah yang merupakan sumbangan dari penganut kuil Fushimi Inari.
Fushimi Inari Shrine

Gak sampe setengah jalan menuju puncak, gue udah ngos-ngosan dan ogah-ogahan buat lanjut. Ya, akhirnya gue turun lagi dan balik ke bawah, sambil berburu kuliner karena perut udah menggonggong. Gak kerasa udah jam 6 malem. Gua balik ke Kyoto Station buat nyamperin host dan numpang tidur. Nyampe stasiun Kyoto saya disuruh naik bis ke stasiun Kitaoji dan diberikan screenshoot google map. Kelihatannya sih simple, tapi pas nyampek Kitaoji gue langsung kayak anak ayam lupa emaknya, muter-muter sambil ngomel-ngomel. Dan pas ditengah jalan, tiba-tiba ada yang tanya, "Orang Indonesia?". Gua kaget setengah mampus lah. Dua cewek jepang cantik nanya gue pake bahasa Indonesia. Yah ternyata doi adalah mahasiswi Bahasa Indonesia di Kyoto dan pernah di Bali selama beberapa bulan . Mereka Sena dan Saki. Karena gue kesasar, sekalian deh, gue tanya alamat ke doi. eh dianterin ampe depan gangnya. Dan yang paling bikin gua gak enak. Doi nungguin gue sampe ketemu si Host. karena Host gua gak kunjung muncul, gua minta si Sena buat nelpon si Katsuhiro. Setelah di telpon tak lama KAtsuhiro datang, dan membawa gua masuk ke flatnya. Gua sempet minta Facebook si Saki sebelum gua pamit dan masuk rumah Katsu.

Nyampe rumah Katsuhiro, gua disambut beberapa temannya yang tinggal sama doi. Ini bener-bener tempat anak muda banget. Beberapa botol Bir, Sake, Wine dll terjajar di meja. Rokokpun juga tersedia, musik khas DJ juga dimainin teman Katsuhiro. Setelah naruh tas dan mandi, gua gabung sama mereka. Gak lama tiba traveler dari Inggris disusul Finlandia dan USA. Sebenarnya tempat apakah ini... Let me tell you in the next post....