Toilet Internasional

7:08:00 AM

Toilet duduk tradisional Jepang
Pas elu lagi traveling, mau gak mau elu harus berhubungan dengan yang namanya toilet atau kamar mandi a.k.a restroom or washroom atau apalah itu. Gue kepikiran mbahas masalah ini karena dari beberapa negara yang pernah gue datengin, masing-masing punya keunikan masing-masing. Mulai dari yang beyond expectation sampai once in a lifetime toilet semua punya cerita seru.

Mulai dari Jepang. Pertama kali gue ke Jepang yaitu akhir musim panas 2011. Itu sekaligus kali pertama gue keluar dari Indonesia pake paspor. Yoi, kalo kebanyakan orang Indonesia pertama kali keluar negeri itu ke MST(Malaysia,Singapura, Thailand) gue malah ke Jepang coy. Tentunya kagak make uang sendiri. Lu kira moyang gue kaya raya bisa ngurusin paspor sekaligus visa ditambag tiket pesawat. voucher hotel, biaya makan, biaya lain-lain yang pastinya kagak sedikit. Gue beruntung sih mengalahkan ratusan mahasiswa lain buat perjalanan kurang mewah ke Jepang. Kenapa kurang mewah, karena uang jajan minimal, tempat tidur asrama dan makanan yang untung-untungan ada.

Oke, gue bakalan cerita mulai dari awal menginjakkan kaki di negeri "Kimochi" itu. Pas keluar dari pesawat, pasti tujuan pertama gue adalah toilet. Yaiyalah di pesawat kan dingin semriwing, dan gue gak begitu nyaman pipis ato boker di pesawat kecuali terpaksa banget. Ceritanya waktu gue masuk toilet di Bandara Kansai, gua bingung banget. Gimana kagak, disana cuman ada WC mirip yang ada di rumah nenek gue, seperti papan keramik bentuk persegi panjang yang disalah satu sisinya ada lubang, tapi gak ada airnya. Bolong mlompong ke bawah. Ini bandara internasional bertoilet tradisional banget. Anyway karena gue udah kebelet, langsung aja dah boker, ga usah pikir panjang. Walaupun kagak nyaman juga sih...

Panel Kontrol Toilet
Lain halnya pas gue pergi ke mall. Toiletnya keren banget, mungkin menurut orang asli sono biasa aja, tapi menurut gue gokil abis. Disebelah kloset tempat kita poop, ada semacam panel yang dilengkapi berbagai tombol, lengkap dengan huruf Jepang dan simbol-simbol gitu. Gua coba-coba lah tuh tombol satu-satu. Ada tombol bersimbol air muncrat warna merah. pas ditekan. ada air panas yang keluar dari kloset menuju ke bokong. Gua kaget lah, untung kagak sampe teriak. Ada juga tombol simbolnya not balok, pas dipencet keluar suara. Ternyata fungsinya pas elu mutusin rangkaian eek elu, suara yang tadi itu bisa meminimalisir suara kecepluk, jadi ngurangin rasa malu elu pas BAB. Trus ada juga tombol buat manasin dudukan kloset. Sampai mengatur ritme pancuran air pembersih bokongpun ada bro. Ya mirip berapa frekuensi gayung permenit pas elu pake WC dirumah elu

Beda dengan Jepang, di Cina lebih drama lagi. Pas pertama kali ke toilet umum di Cina. Busseet... baunya pesing minta ampun. Bener-bener bau air kencing ditambah bau kotoran nyampur-nyampur. Dan gue kaget pas gue buka pintu toilet, ada kado kuning mengapung di dalam kloset, ternyata pas gue amati, orang-orang cina jarang yang mau nyiram atau neken flush pas abis make toilet. Mangkanya pas gue di Cina, kalo kagak bener-bener kepepet gua gak bakalan mau make toilet umum.

Yang paling parah menurut gue. Dijalan raya ada ibu-ibu muda yang nyuruh anaknya kencing ditengah jalan. Bener-bener ditengah jalan. Lu tau kan biasanya ada semacam taman ditengah jalan. Biasanya yang ngebelah jalur jadi 2, Trus kan ada jalur buat nyebrang. Nah, si ibu muda tadi nyuruh anaknya jongkok dan nglepas CDnya dan langsung pipis disitu. setelah selesai, ibu dan anak itu langsung pergi, gak pake pamitan apalagi bersihin bekas pipisnya.

India yang katanya jorokpun ternyata tak sejorok di Cina. Di Stasiun YatriNivas di Kolkata gue pernah make toilet gede yang dipake banyak orang tapi baunya gak separah di Cina, bahkan lebih bersih dari toilet umum di stasiun Indonesia. Pas dikereta Kolkata-Agrapun gue juga terkesan banget ama kebersihan toiletnya. Memang klosetnya tak sebagus di Jepang, tapi at least bersih dan gak bau pesing dan kagak ada jackpot. Tapi yang bikin gue ternganga, di India ada toilet terbuka yang mirip tempat wudhu di mushola yang letaknya dipinggir jalan. Gak cuman itu, pas gue diperjalanan dari Agra ke Delhi, tiba-tiba bis berenti dipinggir jurang dan semua orang pada keluar.Gua pikir ada masalah sama bisnya. Ternyata penumpang pada baris berbanjar menghadap jurang dan kencing berjamaah.

Waterless Urinal
Di UK elu mesti bayar 40 penny atau sekitar 8ribu rupiah untuk sekali pake toilet. Dont expect too much, karena walaupun elu bayar mahal. Toilet disana sama kayak toilet di tempat umum di Indonesia. Bahkan di beberapa tempat seperti London atau Manchester baunya semerbak banget. Kalo elu pake urinoir (tempat kencing berdiri buat cowok) disana kagak ada yang namanya air yang dialirin pas abis urin keluar. They call it waterless urinal. Konsepnya sih membuat cairan urin meresap ke drainase tanpa pake water flush. Alasannya penghematan biaya operasional sekaligus mengurangi krisis global. Tapi dampaknya, bau semerbak dimana-mana. Paling parah pas gue ke Emirates stadium. Para fanatik Arsenal udah pasti tau sendirilah gimana. Gak cuman arsenal sih tapi pecinta bola kan emang agak "terburu-buru" kalau kencing. Jadi pas masuk toilet stadion. Ya gitulah, tapi masih mending daripada Cina.

Russia emang negeri beradab. Toiletnya bersih, wangi, tanpa jackpot. Mungkin dampak kerajaan Soviet dan kota yang gue kunjungi adalah St. Petersburg makanya kayak gitu. Di Moscow emang gak sebersih Petersburg tapi not bad at all. Dan gak ada sistem waterless urinal. Bahkan sebagian toilet punya waterflush di closed. Jadi nothing strange in this country.

PS: Gambar yang gue tempel di pos ini sepenuhnya dari google. Gue kagak pernah bawa kamera ke toilet.

You Might Also Like

0 komentar